(sedikit) bermain dengan matematika

tiba-tiba saya teringat pengalaman waktu saya SD dulu. biarpun sekarang terlihat gaptek dan cutek, cupu teknologi :mrgreen: (doakan saja semoga penyakit-penyakit saya ini cepat sembuh), dulu sewaktu saya SD saya sempat mengikuti olimpiade matematika. dan saat persiapan menjelang perlombaan, saya sering mendapat pembekalan sebelum perlombaan dan saat pembekalan itulah saya diberi berbagai tips dan trik untuk mengerjakan soal-soal matematika dengan cepat. sayangnya ada beberapa yang saya lupa dan beberapa yang masih membekas di pikiran tak ada salahnya kalau saya bagikan di sini, daripada nantinya juga ikut terlupakan. mungkin hal ini sudah kita anggap sepele saat ini, misalnya rumus phytagoras x²+y²=z². tapi bagi seorang siswa SD, hal-hal ini masih merupakan hal yang baru dan menarik.

mungkin memang tidak berguna bagi kita saat ini, tapi lumayanlah untuk bermain-main. ini dia :

1. Untuk mengkuadratkan bilangan dua digit dengan satuan 5, misalnya 25² yang perlu kita lakukan cukup mengalikan bilangan puluhan dengan satu bilangan setelah bilangan tadi dan diikuti dengan 25. misalnya, untuk 25² kita cukup mengalikan 2 dengan 3 dan diikuti dengan 25. jadi 25² hasilnya 625

2. Untuk mengalikan dua bilangan dua digit dengan bilangan puluhan yang sama dan dengan bilangan satuan yang bila saling dijumlahkan menghasilkan 10, mirip dengan nomor pertama, cukup mengalikan bilangan puluhan dengan satu bilangan setelah bilangan tadi dan diikuti dengan perkalian satuannya. misalnya 37 * 33, dengan mudah bisa kita ketahui bahwa hasilnya 1221.

3. untuk mengalikan dua bilangan dua digit yang sama-sama mempunyai bilangan puluhan 1, yang perlu kita lakukan adalah menjumlahkan salah satu bilangan dengan satuan bilangan yang satunya, akhiri dengan 0. kemudian kalikan satuan kedua bilangan, tambahkan dengan bilangan yang anda dapatkan pertama tadi. misalnya 11*17, kita jumlahkan 11 dengan 7, hasilnya 18, diikuti dengan 0, hasilnya 180, kemudian kalikan kedua satuan, 1*7 hasilnya 7. terakhir, tambahkan 180 dengan 7, hasilnya 187.

4. suatu bilangan dua digit yang dikalikan dengan 11, cukup tambahkan kedua bilangan tadi, selipkan di tengah bilangan awal. 34*11 hasilnya 374.

5. persamaan phytagoras pada segitiga siku-siku, bilangannya adalah kelipatan dari 3, 4, dan 5 atau 5, 12, dan 13.

6. cara mudah menghapalkan perkalian 9. hadapkan kedua telapak tangan anda ke muka, anggap jari-jari anda mulai dari jempol tangan kiri hingga jempol tangan kana merepresentasikan bilangan dari 1 hingga 10. nah, sebagai contoh, untuk mengetahui berapa 3*9 yang perlu anda lakukan adalah tinggal melipat jari tengah tangan kiri anda, yang mewakili bilangan 3. kemudian hitung jumlah jari anda di kanan dan di kiri jari yang anda lipat tadi.
berapa jumlahnya? 2 dan 7 kan?
nah, berarti 9*3 hasilnya adalah 27. mudah bukan? hal ini juga berlaku untuk perkalian 9 yang lain.

sudah? cuma itu saja?
sayangnya iya. soalnya sebagian lagi terhapus dari ingatan. jikapun nanti saya dapat wangsit dan kembali teringat apa yang saya lupakan tadi sesegera mungkin akan saya update tulisan ini.

saya tidak menjamin bahwa setelah membaca tulisan ini anda akan menjadi mahir matematika, tetapi saya menjamin, sebagian besar dari anda pasti melipat jari tengah tangan kiri anda saat membaca tulisan ini, hehehe…. :mrgreen:

Iklan

1 Response to “(sedikit) bermain dengan matematika”


  1. 1 aphine Februari 11, 2008 pukul 9:20 am

    Waduhhh 3x… !!!

    Pak Guru Agung iki … bener2x mak-nyusss bwt Tips & Trick nya.
    😀 😀 😀

    Berbagi Ilmu yaaa ??? Moga2x bener2 manfaat bwt yg baca …

    Tapi kok awal2x postingan ini kok ada kata2x :
    “biarpun sekarang terlihat gaptek dan cutek, cupu teknologi”

    Ntr jadi kurang percaya lhooo sama Tips & Trick nya … !


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About Me

 Subscribe to this blog

 Subscribe to my posts bundle


web presence

posts by rizkianto

↑ Grab Animator!

RSS Also written by rizkianto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

archives


%d blogger menyukai ini: