Kembali ke MUBES III

Kembali ke MUBES III

Apakah anda seorang pengurus atau staff organisasi mahasiswa di lingkungan ITS?

Jika ya, coba tanyakan pada diri anda sendiri, apa yang dimaksud dengan MUBES III?

MUBES III adalah Musyawarah besar III. Ya, memang benar, namun apakah hanya sebatas itukah yang anda ketahui mengenai MUBES III?

Seberapa jauh anda tahu peranan dan fungsi dari MUBES itu sendiri?

Ataupun justru anda tidak mengetahui sama sekali apa itu MUBES?

MUBES ITS merupakan forum musyawarah tertinggi wakil-wakil mahasiswa dalam lingkup Ormawa dan LMB di ITS. Kepesertaan dari MUBES ini diatur dalam komposisi tertentu. MUBES ini berwenang untuk menetapkan Amandemen Konstitusi Dasar Keluarga Mahasiswa ITS (KD-KM ITS) dan Haluan Dasar Pengembangan Kemahasiswaan (HDPK). Dalam melakukan amandemen, terlebih dahulu harus dilakukan sebuah mekanisme tertentu yang dimaksudkan untuk menjaga stabilitas keberlangsungan KM-ITS itu sendiri. Dalam hal ini, segenap wakil mahasiswa dalam KM-ITS harus dilibatkan dalam pengambilan keputusan yang baik secara langsung maupun tidak langsung memberikan efek kepada mereka. Hasil dari MUBES tersebut menjadi dasar hukum dan pedoman bagi organisasi kemahasiswaan di ITS. Untuk mengimbangi kehidupan organisasi mahasiswa ITS yang dinamis dan untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada, hingga saat ini MUBES ITS telah berlangsung 3 kali, yang terakhir adalah MUBES III yang diadakan pada tahun 2001 yang sampai sekarang masih menjadi dasar hukum bagi organisasi kemahasiswaan di ITS yang sah baik secara de jure maupun de facto .

Layaknya sebuah organisasi pada umumnya, organisasi-organisasi mahasiswa yang berada di ITS yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa ITS mempunyai sebuah landasan dasar, sebuah konstitusi yang menjadi dasar hukum dari adanya organisasi-organisasi tersebut, tak lain dan tak bukan adalah Konstitusi Dasar KM ITS yang ditetapkan dalam MUBES itu sendiri. Namun pada kenyataannya, seberapa banyak dari kita yang benar-benar memahami apa itu MUBES, mengetahui fungsinya dan melaksanakannya?

Saat ini, ormawa di ITS menghadapi permasalahan yang cukup kompleks, entah ormawa yang terkesan statis, tidak menjalankan peranannya dengan benar, terjadi tumpang tindih peran antar ormawa dan berbagai permasalahan lainnya. Coba anda amati ormawa tempat anda berorganisasi sekarang, apakah permasalahan yang telah disebutkan di atas terjadi pada ormawa anda?

Sungguh ironis melihat kenyataan bahwa dalam kampanye PEMIRA yang salah satunya bertujuan untuk menentukan calon anggota LM, lembaga legislatif berwenang untuk menetapkan Undang-undang dalam lingkup KM ITS, ada calon yang justru tidak memahami konstitusi dasarnya sendiri. Bahkan ada yang tidak memahami apa sebenarnya tugas, hak, dan wewenang mereka sebagai suatu badan legislatif. Dan hal-hal seperti ini tidak hanya terjadi dalam LM saja, kasus serupa juga terjadi pada badan yudikatif dan eksekutif, baik dalam level institut, fakultas, maupun level jurusan. Jika sudah begini, mau apa nanti jika mereka sudah terpilih, mereka sendiri tidak memahami apa yang akan dilakukan. Apakah keikutsertaan mereka dalam lembaga tersebut memang hanya untuk sekedar berpartisipasi saja? Jika memang begini adanya, tidak ada yang perlu diherankan jika nantinya terjadi penyimpangan-penyimpangan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Sebenarnya pokok dari permasalahan ini satu, seperti pada prolog di awal tulisan ini, adalah seberapa jauh sebenarnya kita sebagai pelaku kegiatan kemahasiswaan memahami MUBES sebagai produk hukum tertinggi dalam kehidupan kemahasiswaan di ITS? Seberapa jauh kita mengetahi peranan dan fungsi dari organisasi mahasiswa tempat kita bernaung selama ini?

Sedikit akan penulis berikan gambaran mengenai peranan dan fungsi dari beberapa organisasi mahasiswa yang telah termaktub dalam Konstitusi Dasar Keluarga Mahasiswa ITS

Ps 10 ay 1 KD KM ITS Bag II : Himpunan Mahasiswa Jurusan yang selanjutnya disebut HMJ ialah ormawa yang menaungi aktifitas kemahasiswaan dalam bidang keprofesian di tingkat jurusan.

Ps 11 ay 3 KD KM ITS Bag II : LMF berfungsi melakukan pemberdayaan di bidang keprofesian dan menguatkan daya dukung terhadap Badan Eksekutif Mahasiswa ITS.

Ps. 16 ay 1 KD KM ITS Bag II : Lembaga Minat dan Bakat yang selanjutnya disebut sebagai LMB ialah lembaga mahasiswa yang menaungi aktifitas kemahasiswaan dalam bidang penalaran, minat, bakat, dan kegemaran di ITS.

Ps. 21 ay 3 KD KM ITS Bag III mengenai Hak dan Wewenang Legislatif Mahasiswa ITS : Memberikan usulan-usulan kepada BEM ITS dengan memperhatikan aspirasi mahasiswa ITS

Dari penjabaran di atas, menurut anda, sudahkah organisasi mahasiswa di ITS menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan konstitusi dasarnya?

Jadi, apa yang bisa kita lakukan?

Apakah benar MUBES IV menjadi solusi dari permasalahan Ormawa di ITS saat ini?

Jika dirunut, sebenarnya penyebab utama dari segala permasalahan di atas adalah kita belum menjalankan hasil MUBES dengan sebagaimana mestinya. Bahkan untuk sekedar memahami saja belum. Amandemen ataupun penggagasan MUBES IV bukan merupakan solusi yang tepat, lha wong kita belum melaksanakan MUBES III dengan sebagaimana mestinya, untuk sekedar memahami juga masih kurang. Bukankah MUBES III merupakan gagasan kita sendiri untuk mengatasi kekurangan-kekurangan pada MUBES sebelumnya? Nantinya jika kita memang telah melaksanakan MUBES III dan dalam pelaksanaannya MUBES III sudah dirasa tidak sesuai dengan kondisi saat ini, barulah kita bisa mengusulkan suatu amandemen ataupun penggagasan MUBES IV.

Jadi sekarang, ayo kita kembali ke MUBES III, kita laksanakan peranan dan fungsi kita di organisasi mahasiswa kita masing-masing dengan tepat, untuk terwujudnya dinamisasi kehidupan kemahasiswaan di kampus ITS kita tercinta.

Agung Rizkianto

Himpunan Mahasiswa Teknik Computer-Informatika – C16

email : a_rizkianto@yahoo.com

web : http:// rizkianto.co.cc / https://rizkianto.wordpress.com

note :

tulisan di atas sebenarnya merupakan rangkaian kegiatan LKMM yang saya ikuti beberapa waktu yang lalu. bagi anda yang kebetulan merupakan pengurus ataupun staff dalam ormawa ITS saat ini, jikapun bukan kalo mau membaca juga ndak dilarang kok :P. mungkin saja (dan harapan saya) tulisan saya diatas bisa sedikit memberikan pewacanaan tentang MUBES, terutama bagi anda yang belum memahami lebih dalam tentang apa itu MUBES, dari sudut pandang saya pribadi.

semoga bermanfaat.

Download MUBES III ITS

Iklan

10 Responses to “Kembali ke MUBES III”


  1. 1 bhagas Juni 17, 2008 pukul 9:51 am

    hmmmm…dimasukkan disini jg ternyata,hehe..

    siplah..:)

  2. 2 aLay Juni 18, 2008 pukul 8:16 am

    Mubes…
    kayaknya pernah denger,,,kapan n dimana ya??

  3. 3 fauzansigma Juni 18, 2008 pukul 7:03 pm

    met mubes aja deh yak

  4. 4 aRuL Juni 19, 2008 pukul 12:50 am

    SIP, Salut sama tulisannya.
    Sosialisasi MUBES III yang seharusnya menjadi penekanan jika kondisi KM ITS ingin sehat. Kader2 lulusan LKMM TM diharapkan dapat menularkan ilmu2nya disebarkan ke pada yang lain termasuk pengetahuan tentang MUBES III ini.
    Harapan besar dari pencetus MUBES III agar KM ITS bisa sinergi sebenarnya sudah ada tapi kita aja blum bisa sepenuhnya melaksanakan MUBES III ini.

    NB : oia….. revisi dikit terhadap downloadnya MUBES III, ada kesalahan di downloadan itu, coba diliat dibandingkan dengan buku MUBES III yang dibagikan waktu LKMM TM kemaren gung.
    sebenarnya waktu LKMM TM FTSP 2008, yg difotocopy adalah adalah cetakan yang kedua yang sama dengan yg kamu upload itu, jadi saya sempat kasih tau kesalahannya.
    Sedangkan kemaren pas LKMM TM FTK-FTIf itu, yg difotocopy adalah cetakan pertama jadi ngak ada kesalahan.
    Coba buka halaman 51-51, tugas BEM ITS, menyusun RUU menjadi UU kalo ndak salah untuk ayat pertama di 15, dan 2 ayat berikut menjadi ayat (2) dan (3).

  5. 5 aRuL Juni 19, 2008 pukul 12:52 am

    Edit : Coba buka halaman 51-52, tugas BEM ITS, “menyusun RUU menjadi UU ” kalo ndak salah isinya, untuk ayat (1) di pasal 15, dan ayat berikut menjadi ayat (2) dan (3).

  6. 6 agung Juni 19, 2008 pukul 1:23 am

    @alay
    PH mayak….

    @aRuL
    mantap!!! 😀
    makasih atas revisinya…
    file mubes yang saya temukan yang edisi itu soalnya. coba nanti saya cari lagi yang benar…

  7. 7 aRuL Juni 19, 2008 pukul 1:53 am

    sy punya yg versi wordnya, tapi gambar2 organigramnya blum lengkap 😀 hehehe
    ayok sama2 sebarkan isi dari mubes III ini 🙂 sipz

  8. 8 bayoe Juni 27, 2008 pukul 2:26 am

    taunya mupeng, klo mubes apaan kk…

  9. 9 evi Desember 11, 2008 pukul 3:04 pm

    ck ck ck… jadi update sedikit kabar aktivitas mahasiswa sekarang… masih hidup ya LKMM dan BEM, bahkan MUBESnya.
    keep learning teman-teman… 😉

    -dari bagian tidak berarti MUBES III ITS-


  1. 1 Kembali ke MUBES III at [agung06@cs.its.ac.id] Lacak balik pada Juni 17, 2008 pukul 6:24 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About Me

 Subscribe to this blog

 Subscribe to my posts bundle


web presence

posts by rizkianto

↑ Grab Animator!

RSS Also written by rizkianto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

archives


%d blogger menyukai ini: