keliling jogja? transjogja saja!

setelah menulis sebuah post tentang transjogja beberapa waktu yang lalu dan hanya mendengar cerita dari kakak saya, baru pada liburan kemarin saya berkesempatan mencoba layanan transportasi publik baru dari pemda jogja ini.

senada dengan yang diungkapkan kakak saya, berkeliling kota jogja dengan transjogja sangat nyaman. cukup dengan Rp 3000 saja kita bisa bepergian ke pelosok kota jogja dengan bus ber AC serta duduk pada kursi yang ditata menyamping. bagi yang tidak kebagian tempat duduk? tak perlu khawatir anda akan ngglundhung karena di dalam bus juga ada pegangan tangan untuk anda yang berdiri. copet? pengamen?
ke-laut-aja™

untuk mencapai lokasi-lokasi di luar rute bus yang telah ditentukan, kita bisa berpindah bus dengan tidak dikenakan biaya tambahan, cukup membayar tiket single trip Rp 3000 seperti yang telah disebutkan tadi, asalkan kita tidak keluar dari halte dan menunggu bus dengan rute lain sesuai dengan tempat yang akan kita tuju. untuk pelajar, ada harga khusus sehingga hanya dikenakan biaya Rp 2000. jika ingin berlangganan, juga tersedia voucher prabayar mirip dengan yang kita gunakan pada telepon selular. nominal akan terpotong ketika kita bepergian dengan transjogja. harganya tentu lebih murah daripada kita membeli tiket single trip biasa. voucher ini tersedia dalam beberapa nominal harga.

berbeda dengan transjakarta, bus transjogja ini tidak memiliki jalur khusus seperti pada saudara tuanya di jakarta. bus transjogja menggunakan jalur yang sama seperti yang dipakai oleh umum. karena memang, kondisi traffic lalu lintas jogjakarta tidak sepadat di ibukota. coba saja bayangkan seandainya bus transjakarta tidak dibuatkan jalur khusus, bisa jadi sang bus malah ikut terjebak kemacetan 😀

halte bus transjogja terdapat pada lokasi-lokasi yang strategis, misalnya pada terminal giwangan, airport adisucipto, candi prambanan, pusat perbelanjaan malioboro, serta tempat-tempat lainnya. jumlah dan lokasi halte memang tidak terlalu banyak.

lah, kalau lokasi yang kita tuju masih jauh dari halte bagaimana?

ya, selebihnya jika tidak terlalu jauh, kita bisa berjalan. lumayan, bisa sekaligus menyehatkan badan. kalau anda merasa berjalan kaki terlalu melelahkan, sarana transportasi publik lainnya juga masih tersedia.

setelah dipikir-pikir sebenarnya memang beginilah seharusnya. sarana transportasi publik memiliki fasilitas yang nyaman bagai penumpang, tersedia halte dimana kendaraan tadi bisa menaikkan atau menurunkan penumpang. namun adanya sistem setoran disertai kondisi kita yang masih kurang dalam hal etos disiplin, sistem yang seharusnya bisa berjalan dengan baik tadi justru menjadi berantakan. halte menjadi kurang berfungsi karena transportasi publik bisa dengan mudahnya menaikkan atau menurunkan penumpang di sembarang tempat. kenyamanan? itu mah nomor dua-puluh-tujuh, yang penting setoran bisa tercapai. jangan heran melihat penumpang yang di-plenet-plenet masuk ke kendaraan umum. alasannya? lagi-lagi alasan klasik, kejar setoran. angka kecelakaan? banyak! kendaraan umum tadi berlaku ugal-ugalan, berkendara seenaknya, menjadi raja jalanan tanpa memperhatikan keselamatan pengguna jalan lain. alasannya? yahh… masih tanya…

berkaca pada fakta di atas, maka pemda jogjakarta meluncurkan layanan transportasi publik baru ini. sistem setoran diganti dengan sistem pembelian layanan, sehingga tidak ada lagi yang namanya kebut-kebutan, desak-desakan, atau menunggu terlalu lama karena kendaraan lagi ngetem, menunggu kendaraan sampai benar-benar penuh. penumpang bisa menikmati transportasi publik yang nyaman, angka kemacetan juga bisa ditekan karena penggunaan kendaraan pribadi berkurang, tingkat polusi juga bisa dikurangi. sip, semua pihak terpuaskan! 😀

semoga saja langkah ini bisa ditiru, terutama untuk kota-kota besar yang masih dipusingkan oleh masalah kemacetan, dan harapan saya, fasilitas transportasi publik seperti ini tetap dirawat dengan baik. dijauhkan dari tangan-tangan usil yang tega merusaknya.

Iklan

7 Responses to “keliling jogja? transjogja saja!”


  1. 1 aRuL Agustus 11, 2008 pukul 9:16 pm

    saya juga diceritani saya teman2 katanya asik banget.. murah meriah..
    jadi pengen coba..
    kalo surabaya, kayak asyik tuh, jadi kalo teman2 sy dari luar surabaya datang bisa di ajak keliling… 😀

  2. 2 Yeni Agustus 23, 2008 pukul 3:42 pm

    Wah….
    aku juga baru merasakan yang namanya busway ni yaa di jogja (transjogja namanya),
    hu uh…
    enak banget
    udah murah, pelayanannya juga memuaskan,
    pegawainya murah senyum,
    dan kadang2 kalo kita beruntung kita bisa duduk menikmayi perjalanan sambil dengerin tembang2 jawa
    beuh….
    Jogja never ending asia lah pokoknya…

  3. 3 lely September 14, 2008 pukul 11:13 am

    wah, jadi mupeng niey……

  4. 4 akbarindonesia November 27, 2008 pukul 4:41 pm

    tunggu realisasi trans surabaya…

    kapan???
    kapan-kapan…
    hehehe…

  5. 5 Darojatun Januari 16, 2009 pukul 11:51 pm

    ah nyoba aahhh… cuma Rp. 3.000,- ya?

    hmmm ongkos ke medan Rp. 5.000,- Naik ALS ke Jakarta (udah berapa ya sekarang, Rp. 300.000,- mungkin cukup/ kapal laut Rp. Rp. 350.000,- / Pesawat udara Rp. 1 jt lebih. ) terus sambung naik kereta api, ke jogja, Rp.100.000,- cukup nggak ya?
    makan di jalan, kena palak, kesenggol telor. mikirin ongkos pulang, halah, habis juga 2 jt lebih, cuma mau naik Trans Jogja

  6. 6 Wiro Sableng Juli 23, 2010 pukul 8:14 pm

    Selamat Malam… Week End enggak ada acara ya mending blogwalking aja. Setelah ngebaca artikelnya, Wiro Sableng ngasih komen begini :

    klo butuh informasi tentang angkutan umum di jakarta, mampir aja di mari gan..

  7. 7 nada Agustus 19, 2010 pukul 12:18 pm

    jadi kangen jogja deh, kapan ya di surabaya ada public transportation macam itu?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About Me

 Subscribe to this blog

 Subscribe to my posts bundle


web presence

posts by rizkianto

↑ Grab Animator!

RSS Also written by rizkianto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

archives


%d blogger menyukai ini: