kerupuk tempeh, kerupuk super jumbo!

anda tentunya sudah tidak asing dengan namanya kerupuk. Iya, makanan satu ini sangat identik dengan kuliner indonesia. bagi lidah kita, tentunya ada yang kurang jika kita makan tanpa ditemani makanan yang satu ini, tanpa krupuk yang kriuk-kriuk, hidangan indonesia seperti soto, gado-gado, atau bakso misalnya, akan terasa kurang. betul tidak? satu hal lagi, sampai saat ini, belum saya temukan padanan kata yang pas untuk kata kerupuk pada bahasa inggris. crackers? sepertinya itu berarti biskuit. bagaimana chips? kalau ini rasanya lebih tepat diartikan keripik. lalu apa dong? silahkan anda cari sendiri 😀

jenis kerupuk yang paling sering kita jumpai adalah kerupuk aci (wikipedia menyebutnya sebagai kerupuk melarat :D). pasti kebanyakan dari anda pasti mengetahuinya. iya, benar, kerupuk yang itu, yang terbuat dari aci, berbentuk bulat keriting, yang biasanya dijual di warung dengan kaleng kotak bercat biru bertuliskan sumber bahagia™, hehehe… 😀 sebenarnya tidak ada yang istimewa dengan kerupuk tersebut. namun pernahkah anda melihat “versi” lain dari kerupuk aci tersebut?

jika anda bepergian ke surabaya menuju nganjuk atau kediri, atau arah sebaliknya, anda akan melewati daerah bernama ngebrakan, daerah yang terletak pada perbatasan 3 kota, yakni kediri, nganjuk dan jombang. karena menjadi daerah yang dilewati jalur utama transportasi darat antara ketiga kota tadi, penduduk di sana banyak yang menjual berbagai macam makanan tradisional khas ketiga daerah tadi. ada tahu takwa kediri, getuk pisang, kerupuk padang pasir dan lainnya.

salah satu yang tentunya menarik perhatian adalah sebuah kerupuk, yang mempunyai bentuk mirip dengan kerupuk aci, tapi dengan diameter super besar, lebih dari 5 kali diameter kerupuk aci biasa. di labelnya tertulis sebagai kerupuk tempeh. coba lihat ukurannya

coba bandingkan ukurannya dengan kemasan air mineral biasa

wow, ukuran yang fantastis, cocok untuk hajatan, rujakan, atau makan bareng.

anda ingin mencoba? silahkan berkunjung ke kediri, atau mungkin jika sempat, cicipi juga nasi goreng kediri yang tak kalah istimewanya.

Iklan

21 Responses to “kerupuk tempeh, kerupuk super jumbo!”


  1. 1 isfiya Agustus 12, 2008 pukul 10:06 am

    Banyak tuh temen yang nggak bisa makan tanpa kerupuk….
    Kalo kerupukny sebesar itu gimana gorengnya yah…
    Terus masuk mulutnya gimana hik..hik..hik..

  2. 2 bhagas Agustus 12, 2008 pukul 5:28 pm

    walah gung…panganan maneh,hehehe…

    thx oleh2nya…:)

  3. 3 Monkey D Luffy Agustus 13, 2008 pukul 4:31 pm

    lah eni yang bikin ane g gemuk2 … isinya cuma angin doang..

  4. 4 aRuL Agustus 14, 2008 pukul 5:08 pm

    guede buanget 😀

  5. 5 hanggadamai Agustus 15, 2008 pukul 8:17 pm

    wah buat lomba 17an bagus kali ya..

  6. 6 anginbiru Agustus 20, 2008 pukul 12:08 pm

    wew,, bisa buat taplak meja tuh..!! hahaha.. *plak!!*

  7. 7 Yeni Agustus 23, 2008 pukul 3:47 pm

    baca judulnya kirain ini krupuk dari tempe gitu
    ga taunya itu to…
    iya,aku pernah dibawain sodara oleh2 tu krupuk
    makannya musti rame2
    heheheheh…

  8. 8 Cebong Agustus 23, 2008 pukul 8:56 pm

    mumpung masi suasana agustus, ayook lomba makan karung dan lomba balap kerupuk

  9. 9 Cebong Agustus 24, 2008 pukul 6:59 am

    Gung…tulung cek belog ebong, engkau dapet tags dari ebong ^_^ 8semuga g salah sasaran*

  10. 10 melitong September 21, 2008 pukul 1:26 pm

    waw… keknya enak nihh.. waw.. apalagi kalo dimakan sama nasi goreng, ewk,

  11. 11 afwanbadrunaim Oktober 11, 2008 pukul 9:26 pm

    Gung .. request 4 sehat 5 sempurna yang laen yak ..
    Apa kek, susu apa tahu tempe gitu
    😀

  12. 12 dickyn Agustus 26, 2009 pukul 5:27 pm

    wah..wah gimna cara buatnya ya?

  13. 13 Indoproperty bsd November 1, 2009 pukul 4:54 pm

    aduh, sy lihat gambar kerupuknya , jadi laper…mau donk! kapan2 ke Surabaya, ah…

  14. 14 Mahfudz Albantani Desember 11, 2009 pukul 9:30 am

    Ass..mhn penjelasan lebih lanjut mengenai bisnis kerupuk tempeh. dimana pemesanannya dan berapa harga perbijinya (kerupuk mentah/sdh digoreng)…mksh. ditunggu kabar selanjutnya.

  15. 15 ulfa Juni 2, 2010 pukul 9:06 am

    Wah gag bisa bayangin ni kalo kerupuknya aja segitu, wajannya seberapa yak?wakakakakkk

  16. 16 Teguh November 8, 2010 pukul 5:35 pm

    kalau bleh tau sapa yang masukan produk krupuk tempeh disitus ini?????

  17. 17 rizkianto November 19, 2010 pukul 11:00 am

    @Teguh :
    kebetulan saya hanya reporter saja…
    penjual krupuk tsb dapat dijumpai dengan mudah di perbatasan kediri – jombang – kertosono. Jika anda bertandang dari Yogyakarta ke Surabaya atau sebaliknya pasti melewati daerah tsb…

  18. 18 ahmad Suhardi Desember 6, 2010 pukul 5:45 pm

    fotonya kurang informatif mas, seharusnya gelas aqua dan krupuk di tempatkan di satu tempat, di jejer, jadi ketahuan betul ukuran sebenarnya…., jadi foto di atas kurang ideal kalo dijadikan sebagai referensi besarnya kerupuk.

    • 19 rizkianto Desember 8, 2010 pukul 7:23 pm

      terima kasih atas sarannya…
      foto itu diambil juga dalam keadaan darurat mas, di dalam kendaraan dan kemudian muncul ide untuk dituangkan ke dalam tulisan.
      selain itu juga keburu dilahap oleh fotografer dan penumpang mobil lainnya 😀

  19. 20 Irfan Desember 6, 2010 pukul 10:39 pm

    Wah, baru ternyata ada yang ukuran jumbonya

    Salam Kenal Mas 🙂

  20. 21 Fuad Zaki Purnomo Februari 25, 2012 pukul 6:30 am

    Tidak suka?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




About Me

 Subscribe to this blog

 Subscribe to my posts bundle


web presence

posts by rizkianto

↑ Grab Animator!

RSS Also written by rizkianto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

archives


%d blogger menyukai ini: