Mau Mudik? Cari Tiket Murah Yuk….

Marhaban Ya Ramadhan!

Alhamdulillah, betapa bahagianya kita semua masih diberi kesempatan untuk bertemu di bulan yang mulia ini, bulan yang tepat untuk kita memperbanyak amalan ibadah karena janji Allah SWT untuk melipatgandakan pahala untuk setiap amalan yang kita lakukan di bulan ini.
Banyak sebenernya ide tulisan yang ingin saya tuangkan terkait bulan Ramadhan ini, namun karena malas kesibukan yang lain, saya tulis saja dalam satu artikel ini, hehehe…

sepertinya ramadhan tahun ini akan sedikit berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Selama 4 tahun kemarin saya menghabiskan ramadhan di kota Surabaya, ya tentu saja, karena saya kuliah di sana 😀 Beberapa kenangan-kenangan Ramadhan di Surabaya masih membekas kuat dan tak mungkin dilupakan. Mulai dari mengantri beli makan di Keputih Surabaya, mulai jam 2 pagi, bersama laskar PPT (Para Pemburu Takjil :P) berburu takjil di Masjid Arroyan, Semolowaru, Masjid Kampus ataupun Asrama Haji , I’tikaf di Masjid Al Akbar Surabaya, ngabuburit nggondhes ngalor ngidul dengan temen temen di depan Lab IBS, hahaha… I really missed those moments 😀

Untuk tahun ini alhamdulillah sudah beberapa bulan ini saya mendapatkan pekerjaan di “kota” kecil Cikarang. Rutinitas ramadhan tentunya sedikit berbeda dengan biasanya, karena lingkungan yang baru, perhitungan waktu yang berbeda dan beberapa hal lainnya tapi tetep cari yang gratisan kok . Ambil contoh waktu sahur. Di lingkungan kampus saya, kalau kita berangkat cari sahur pukul 2.30, sudah dipastikan akan dapet antrian yang panjang, makannya saya biasa berangkat cari sahur sekitar pukul 2 pagi. Nah, pada hari pertama ramadhan kemarin, karena kebiasaan di Surabaya masih terbawa, saya hunting makan sahur pada pukul 2 pagi, padahal adzan subuh disini baru berkumandang sekitar pukul 04.40 lebih, walhasil yang ada, sulit cari warung saat itu, yaiyalah wong subuhnya masih 2 jam lagi… :hammer:

Satu hal lain terkait dengan ramadhan dan lebaran, MUDIK, rutinitas jelang lebaran yang selalu saya rindukan, walaupun tidak selamanya indah, hehehe…. berjam jam di atas kendaraan, susahnya menahan lapar dan panas di atas kendaraan, menikmati indahnya panorama di sekitar jalur pantura, menerobos alas roban dan daerah pesisir, bahagia dan puasnya ketika akhirnya sampai di tempat tujuan dan bertemu dengan keluarga tercinta, ah, sungguh nikmat 😀

Tahun ini, pertama kalinya saya akan “benar-benar” mudik.. lha memangnya tahun tahun kemarin mudiknya bohongan? hehe… enggak juga sih, tetep mudik kok. Tapi  rasanya mudik tahun ini akan terasa lebih spesial karena ke depannya akan susah untuk curi curi waktu buat pulang kampung, jadi kesempatan pulang kampung yang tidak banyak ini pasti akan terasa jauh lebih menyenangkan 😀 oiya, dan lagi di tahun-tahun kemarin, mudik yang saya lakukan bersama keluarga agak berbeda. Kenapa? karena rata-rata masyarakat pulang mudik dari kota, yang menjadi pusat bisnis, pusat kehidupan dan tempat mencari mata pencaharian, yang dalam hal ini bisa diwakili oleh daerah Jabodetabek dan sekitarnya, untuk menuju ke kampung halaman, yang ada di daerah timur, di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang lucunya sering disebut Pulang ke Jawa, aneh karena secara geografis daerah Jakarta dan Jawa Barat juga masih di Pulau Jawa, hehehe… 😛 nah, saya sendiri ketika kecil sampai sekitar SMP SMA, mudik dari kota saya Kediri, menuju ke kampung halaman ayah saya di Pekalongan, ketika kuliah, mudik dari Surabaya menuju Sleman, Yogyakarta. Enak… kenapa? karena lalu lintas dari arah timur ke barat tentu sahaja tidak sepadat dari barat ke timur, hohoho….

mudik naik apa? sarana transportasi favorit saya sebenarnya adalah kereta api, bisnis atau eksekutif. kenapa? karena relatif tidak capek meskipun perjalanan lebih lama dari pesawat serta relatif lebih aman. jujur sampai saat ini masih agak takut kalau naik pesawat, takut terjadi apa-apa di atas sana, hiiii…. tapi enaknya kalau naik pesawat, pasti lebih cepat sampai daripada transportasi yang lain, kecuali kita pinjam pintu kemana sajanya doraemon, hihihi….

Nah, mudik bulan ini, untuk perjalanan mudiknya saya ingin pakai jasa Kereta Api, maka, sudah saya rencanakan pada h-30 nanti pagi pagi buta akan berangkat ke Indomaret, selain itu saya juga nitip tiket ke orangtua di rumah. Kenyataannya? karena manajemen yang busuk  tingginya angka permintaan, tiket langsung ludes dalam sekejap. kata kedua orang tua saya yang mencari tiket di agen di dekat rumah, tiket ludes dalam waktu 2 menit di agen tersebut -.-a dan anda tahu harganya berapa? 575 ribu rupiah untuk tiket Bima Jakarta Yogyakarta… malahan menurut teman saya yang lain, harganya 675 ribu, benar benar licik luar biasa… harga tiket bisa mengalami kenaikan harga sampai 3 kali lipat!!

Nah, untungnya di agen tempat tiket tadi, orangtua saya ditawarkan tiket pesawat Merpati jurusan Bandung – Yogya tanggal 27 Agustus, dan tebak berapa harganya? 489 ribu rupiah… tanpa babibu langsung tiket tersebut diembat 😀 oiya, untuk tiket balik dari Yogya, kebetulan saya juga sudah dapat, Merpati juga, dan coba tebak lagi berapa harganya? 401 ribu rupiah, hihihihi… 900 ribu bisa untuk PP Bandung Yogya, padahal untuk maskapai lain, jika pembelian dilakukan sekarang hanya bisa mendapat satu tiket sekali jalan saja -.-a

Nah, ngomong ngomong soal tiket, saya menemukan beberapa website yang bermanfaat buat anda semua yang ingin hunting tiket pesawat murah, bahkan ada yang bisa melakukan reservasi langsung. Salah satu websitenya telah berhasil membuat saya menghemat 1000K IDR pada saat mudik nanti, hohoho… ini dia website tersebut :

1. instanticket.com

Screenshot Instanticket
Ini produk bikinan adik kelas adik kelas saya di kampus. I really appreciate them.. meskipun mungkin bukan website pertama yang menawarkan fitur searching tiket murah, namun keberanian adik-adik untuk berwirausaha saya acungi dua jempol, semangat yang jujur masih jarang saya temui di kampus saya. Kelebihan dari website ini adalah fitur reservasi tiket langsung, tidak hanya searching tiket saja.

Screenshot utiket

Nah, kalau yang ini adalah website yang paling sering saya gunakan untuk hunting tiket murah. Website yang sudah berjasa membantu saya mendapatkan tiket mudik PP, hehehe… user interfacenya simple dan menarik, serta user friendly

3. tiket2.com
Mengusung tagline “Compare all Indonesian airlines at once”, situs ini cukup layak dijadikan alternatif mencari tiket murah.

4. Detik Flight
salah satu situs yang menawarkan searching tiket pesawat, dengan menggunakan widget dari situs wego.com. Sayangnya dulu waktu pertama kali saya coba, sedikit bermasalah ketika searching dilakukan untuk periode perjalanan lebih dari sebulan sebelum tanggal pencarian.

Itulah beberapa situs yang bisa anda rujuk jika ingin mencari  tiket terjangkau. Untuk tiket mudik, mungkin sudah agak terlambat karena harganya sudah mulai melambung. Tapi tentunya situs tadi akan bermanfaat jika kita akan melakukan perjalanan dengan pesawat dengan ekonomis bukan?

14 Tanggapan to “Mau Mudik? Cari Tiket Murah Yuk….”


  1. 2 aRuL Agustus 3, 2011 pukul 9:36 am

    Wahaha ternyata ceritane yg kuliah di ITS hampir2 sama haha. Sy blum dapat tiket mudik menunggu mukjizat murah *mimpi

  2. 4 rizky Agustus 3, 2011 pukul 9:20 pm

    mas, kalau di masjid al akbar, itikafnya dikoordinir sama DKM nya nggak? maksudnya ada jadwal kajian2 khususnya nggak?

    oya, tahu info kegiatan itikaf di masjid/pesantren di Madura tidak?

  3. 5 rizkianto Agustus 4, 2011 pukul 3:33 am

    kalo pengalaman dulu sih sepertinya ga ada, jadi pada ibadah sendiri2, cuman pas tengah malam pernah ada shalat tasbih jamaah…
    dan satu lagi… saya belum pernah ke madura, hehehe…

  4. 6 aRuL Agustus 4, 2011 pukul 9:22 pm

    eh yg instanticket itu punya juniormu toh ,mantap biasa sy ke sana, sekedar ngintip harga tiket haha…
    iyah berharap ada yg obral tiket dekat hari H, tapi ya gambling :S

  5. 8 yud Agustus 15, 2011 pukul 8:05 am

    ada yang mau ikut mudik ke jawa 2011 , silahkan hubungi 02123887955 hy 6 orang

  6. 9 galihsatria Agustus 16, 2011 pukul 8:52 am

    Nice info gan, happy mudik. Mudik baru benar-benar mudik kalo mudiknya dari Jabodetabek ke Jawa 😀

  7. 10 seli_usel September 13, 2011 pukul 9:36 am

    . selamat mudik iya kak ..

    . semoga selamat sampai tujuan ,

  8. 12 Terbang Bebas Oktober 10, 2014 pukul 9:47 am

    Wahhh lumayan juga kl bisa dapat selisih harga tiket murahnya,,

  9. 13 Josh Januari 10, 2019 pukul 11:30 pm

    And folks, if you have a-day career and dabble in selections once in a while, you are a person.


  1. 1 tiket pesawat jetstar Lacak balik pada Juni 25, 2015 pukul 3:34 pm

Tinggalkan komentar




About Me

 Subscribe to this blog

 Subscribe to my posts bundle


web presence

posts by rizkianto

↑ Grab Animator!

RSS Also written by rizkianto

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

archives